Kamis, 03 Desember 2009

Em-A=Ma Em-A=Ma dibaca...???

Untuk kali ini saya perlu bertengkar dengan hati nurani saya… apa saya yakin akan menulis ini? Membuka aib yang selalu saya tutupi?? Mau saya taruh dimana wajah saya bila cerita ini dibuka untuk publik ?? * ya taruh di muka lah (mungkin saya perlu menutup dengan cadar bila tidak ingin dikenal)
Tapi setiap masa lalu, akan ada makna yg tersirat di dalam nya bila kita mau bangkit dan berusaha….

Dianka Wahyuningtias *yg tertulis di akte
Dianka Wahyuningtyas *yg mama mau

Jd??? Biar ga ribet saya pakai nama sesuai akte *agak2 ga nyambung sama cerita deh

Tyas adalah panggilan dari keluarga. Saya bersekolah pertama di Tk Angkasa yang terletak di Halim… karena papa pindah tugas, kita lalu pindah ke Tangerang. Saya sudah melalui Tk selama dua tahun di Halim, lalu mama ingin memasukkan saya ke SD. Ternyata eh ternyata…. SD di tangerang mensyaratkan saya harus sudah bisa membaca. Mama bingung, apalagi saya… karna yg saya lakukan di TK lebih banyak belajar tentang menjalani hidup sehat dan baik *kok lebih berat dari belajar baca ya???
Maksudnya saya diajarkan sikat gigi, berdoa, makan dengan sopan, minum susu, cuci tangan sebelum makan atau sesudah main kotor2…

Akhirnya saya harus masuk TK lagi… fiuhhhhh, sumpah TK kali ini tidak memberi kesan APAPUN, kecuali ketika saya merayakan ultah pertama dengan teman2 di kelas.

SD time…
dan saya belum bisa membaca… hehehe. Dengan badan yg lumayan bongsor saya tetep PD aja tuh… begitu ada pelajaran membaca di kelas, saya sengaja duduk di belakang agar ada waktu untuk menghafalkan tulisan di papan tulis… dan akhirnya berhasilllllllllllllllllllllllllllll…. Saya bisa membaca *menurut teman2, pdhl saya sudah seperti orang gila, keringet dingin menghafalkan tulisan di depan.
Sudah ndak bisa (belum bisa) membaca, saya paling lemah pelajaran matematika…

Tiap hasil ulangan matematika dibagikan, saya pasti akan cepat pulang dan teriak ke mama dengan nada gembira“MAMA… de Iyas dapet telor, kata bu guru bisa digoreng” *saya tidak mengerti apa maksud nilai Nol…

Mama turun tangan juga, karna melihat anaknya ini kok ndak maju2… dengan 1 lidi di tangan kiri dan pensil di tangan kanan… kalau saya gak bisa, mulai deh lidi mendarat di paha… hehehehe… kalau gak ya dijewer atau dicubit…
Dan pada suatu hari, disaat saya mulai jengah dengan urusan belajar (jengah?? Masih kelas 1 SD padahal) saya pertanya pada mama

De Iyas : “Ma, sampai kapan sih harus belajar?”
Mama : “emang kenapa?”
De Iyas : “ de iyas mau kawin aja ma, cape belajar terus”
Mama : mencoba bersikap tenang “kamu mau kawin ma sapa?”
De Iyas : “sama sapa aja, mas-mas atau siapa aja”
Mama : hampir pingsan menahan geli… ini anak sapa yg ngajarin ya???

*sampai sekarang kasus ini selalu jadi bulan2an mama kalau meledek saya

Akhirnya saya mulai bisa membaca… lokasi di ruang tamu, tempat favorit saya belajar karna bisa sambil nyolong2 nonton TV

Mama : tetap dengan muka seram dan tangan yg siap2 mencubit “ayo belajar baca, nanti mama Tanya”
De Iyas : “iya ma” saya mulai serius belajar.

10 menit berselang

De Iyas : “udah bisa ma… “
Mama : “ayo dibaca”
De Iyas : “Em-A=Ma Em-A=Ma” *baca Mama sambil dieja
Mana : “apa bacanya?”
De Iyas : “BABI….. “
Mama : Bengong sambil geleng2
De Iyas : Bingung, emang salah ya?????


Tapi lihat anakmu sekarang Ma… anakmu sudah besar *terlalu besar malah, anakmu sudah bisa membuktikan padamu, bahwa hasil kerja kerasmu dulu tidak sia-sia…. Terimakasih buat jeweran, cubitan dan omelan… Love U Mom… Hug Hug Hug

Sekarang saya sudah boleh nikah kan Ma….????



Dee kecil

Tidak ada komentar: